Senin Pekan Biasa XXVIII, 15 Oktober 2018

Gal 4: 22-31 + Mzm 113 + Luk 11: 29-32

 

 

Lectio

Suatu hari ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.  Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.  Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

 

Meditatio

'Angkatan ini adalah angkatan yang jahat', tegas Yesus kepada orang-orang yang mengerumuniNya. Berani kali Yesus berkata demikian terhadap orang-orang. Apakah tidak takut Dia dirajam mereka? Mereka adalah orang-orang jahat. 'Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus'. Mereka meminta bukti perutusan Yesus, yang berani-beraninya mengajar dan mengadakan aneka mukjizat. Mungkinkah kita juga akan ikut-ikut meminta tanda daripadaNya, jikalau kita hidup di jaman Yesus?   

 'Seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini'. Apakah Yesus memperlunak sikapNya? Kehadiran Yesus sendiri adalah tanda dan bukti nyata akan kasih Allah yang menyelamatkan. Allah hadir dalam kehidupan umatNya. Berkat kehadiranNya, semua orang akan sampai kepada Bapa di surge. 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku' (Yoh 14: 6).

'Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!'.  Kalau Salomo dan Yunus mendapatkan perhatian, seharusnya Yesus mendapatkan perhatian lebih istimewa. Namun kehadiranNya yang berlawanan arus, seperti pelanggaran hukum Sabat, makan minum dengan para pendosa, dan terang-terangan melawan orang-orang yang duduk di kursi Musa, membuat Dia tidak populer.

Sebagai orang-orang yang menikmati keselamatanNya, dan bahkan sebagai orang-orang merdeka karena Kristus (Gal 4), karena memang kita 'telah dipanggil menjadi milik Kristus' (Rom 1: 6), tidakkah kita memberi perhatian utama kepadaNya?

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, teguhkanlah iman kami kepadaMu, bahwa Engkaulah kehidupan dan Sumber keselamatan. KehadiranMu ke dunia menjadi bukti kasihMu kepada kami. Semoga kami semakin berani memberi perhatian utama kepadaMu dalam segala langkah hidup kami.

Santa Teresia dari Yesus, doaknalha kami. Amin

 

Contemplatio

'Orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus'. Kita harus berani memberi perhatian utama kepadaNya, sebab bukankah kita ini orang-orang merdeka karena Kristus, dan telah dipanggil menjadi milikNya.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis

Pesta Maria mengunjungi Elizabet