Selasa Pekan Biasa XXXIV, 27 November 2018

Why 14: 14-21 + Mzm 96 + Luk 21: 5-11

 

 

Lectio

Pada suatu hari ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus:  "Apa yang kamu lihat di situ -- akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan."  Dan murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?"  Jawab-Nya: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka.  Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera."  Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.

 

Meditatio

Pada suatu hari ketika beberapa orang berbicara tentang bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: 'apa yang kamu lihat di situ, akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan'.  Mengapa Yesus berkata demikian? Apakah Yesus tidak menghendaki umatNya kagum terhadap keindahan bait Allah? Memang bait Allah di Yerusalem dibangun dengan megahnya, dan banyak orang kagum. Namun tidak ada yang baka di dunia ini. Semuanya akan hancur, bahkan bumi dan langit akan berlalu

'Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?', sahut para murid, yang tersentak dengan penyataan itu. Bangunan yang kokoh itu ternyata akan runtuh, rata dengan tanah, tidak ada satu batu yang bertumpu pada batu lain.

Pertama, 'waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan', sahut Yesus, yang tidak langsung menjawab pertanyaan para murid. Para murid diminta waspada.  'Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia dan saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka'. Apakah akan ada banyak serigala berbulu domba? Akan ada banyak antikris. Mereka bukan saja bersikap munafik, tetapi benar-benar menyesatkan banyak orang.

Kedua, 'apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut'.  Semuanya wajar itu terjadi. Akan ada banyak orang menjadi serigala bagi sesamanya.  'Semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera', tambah Yesus. Sebab bisa saja akan ada aneka kecelakaan dan gempa, tetapi semua terjadi karena hukum alam, dan bukan tanda-tanda akhir jaman. 'Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit'.

Apakah kehancuran yang dimaksudkan Yesus itu ayunan sabit para malaikat, sebagaimana diceritakan dalam kitab Wahyu (14: 14-20)? Kiranya jauhlah semuanya itu dari pemikiran kita. Ada baiknya, kita hanya beranggapan dan terus berharap, bahwa nama kita tercatat dalam kitab kehidupan.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, buatlah kami setia terhadap sabda dan kehendakMu yang menyelamatkan, walau memang kami harus memanggul salib dalam mengamini sabdaMu itu. Semoga segala peristiwa kehidupan menjadi peringatan bagi kami untuk selalu waspada. Amin.

 

Contemplatio

'Barangsiapa bertahan sampai akhir akan selamat'. Hanya Tuhan yang mampu membuat semua ini.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis