Kamis Pekan Natal, 3 Januari 2019

1Yoh 2:29 – 3:6 + Mzm 98 + Yoh 1: 29-34

 

 

Lectio

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

 

Meditatio

'Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia', kata Yohanes kepada para muridnya, ketika melihat Yesus datang kepadanya. Apakah semua orang mengerti Anak Domba Allah? Anak domba biasanya dikurbankan sebagai persembahan. Apakah mereka semua langsung mengerti, bahwa Dia untuk menjadi kurban persembahan? 'Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku'. Dia ada, sebelum segala yang ada; dan hanya dalam Dia segala-galanya menjadi ada. Dalam Dia segalanya tercipta. 'Aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel'. Yohanes mendahuluiNya, ketika Dia turun menjadi Manusia. Yohanes datang lebih awal, guna menyiapkan setiap orang untuk berani menerima Dia, menerima keselamatan.  

'Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya', tegas Yohanes Pembaptis. Saat itulah teringat aku, bahwa 'jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus'. Sungguh benar, 'aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah'. Pengenalan Yohanes Pembaptis akan Yesus Kristus benar-benar karena penyataan Allah Bapa, dan bukan semata-mata kemampuan iman. Hal yang sama juga pernah disampaikan Yesus kepada Petrus, yang mampu menyebut Mesias, Putera Allah yang hidup (Mat 16). Pengenalan akan Kristus semakin tumbuh dan berkembang, bila kita selalu berkomunikasi dengan sang Kehidupan itu sendiri.

 

Collatio:

Kalau Yesus adalah Anak Allah, kita pun adalah anak-anak Allah yang kudus, karena memang kasihNya dilimpahkan kepada kita (1Yoh 2). Kita anak-anak Allah, tetapi kita tinggal dalam dunia, yang tidak mengenal Allah. inilah pergulatan hidup. Namun 'apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya'. Inilah harapan. Inilah jaminan hidup. Hendaknya kita setia sampai akhir hidup kita.

 

Oratio

Ya Tuhan Allah Bapa, kami bersyukur atas segala berkatMu. Penuhilah kami dengan RohMu, agar kami semakin setia dalam berharap kepadaMu, yang memang memberi jaminan keselamatan bagi kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah'. hendaknya kita juga berani berbagi atas segala kasihNya kepada kita.

Kedua, 'apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya'. Inilah harapan. Hendaknya kita setia akan janjiNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis

Hari Raya Pentakosta