Senin Pekan Biasa VI, 18 Februari 2019

Kej 4: 1-15 + Mzm 50 + Mrk 8: 11-13



Lectio

Pada suatu kali muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda." Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

 

Meditatio

Pada suatu kali muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Namanya mencobai berarti mereka sudah banyak mengenal Siapakah Yesus. Mengapa mereka mencobai? Irihatikah mereka? Semenjak jatuhnya Adam dan Hawa memang dosa selalu mengintip di depan pintu hati manusia (Kej 4). Seringkali memang Yesus berseberangan dengan mereka. Apakah Zakharia bisa kita kategorikan sebagai orang yang juga meminta tanda dari Tuhan? Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda'. Yesus benar-benar tidak memberi tanda dan menanggapi mereka. Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang. dalam Injil Sinoptik lainnya, Yesus masih mengingatkan akan tanda Yunus, bahkan seperti Yunus, sang Anak Manusia akan menjadi tanda yang menyelamatkan seluruh umat manusia. Yesus benar-benar meninggalkan orang-orang yang tak mau mendengarkan sabdaNya. Kebaskanlah debu yang ada padamu, sebagai peringatan bagi mereka.

 

Oratio

          Ya Yesus Tuhan, kami memanag mudah irihati terhadap sesame kami. Dosa benar-benar mengintip setiap gerak langkah kami. Ajari kami untuk teguh dalam kasihMu, sehingga kami kedapatan selamat bersama para kudusMu di surge. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, hendaknya kita selalu berjaga-jaga dan berdoa, sebab dosa selalu mengintip di depan pintu hati manusia.

Kedua, mengeluhlah Yesus dalam hati-Nya. Kita buat supaya Yesus tidak mengeluh kepada kita. Kita amini sabda dan kehendakNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis