Sabtu Masa Biasa VII, 2 Maret 2019

Sir 17: 1-8 + Mzm 103 + Mrk 10: 13-16

 

 

Lectio

Suatu hari orang-orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya." Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

 

Meditatio                                                                                 

Suatu hari orang-orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Kenapa para murid menghalang-halangi mereka? Apakah mereka mengganggu pengajaran? Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: 'biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah'. Keinginan untuk berjumpa Yesus yang mengkondisikan setiap orang mendapatkan keselamatan. Keinginan dan kerinduan seperti itulah yang memang mengarahkan orang kepada Tuhan Allah. Orang yang selalu merindukan Yesus akan selalu menikmati sukacita.

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya'.sebab bagaimana mungkin orang dapat masuk Kerajaan Allah, kalua memang tidak mempunyai kerinduan, bahkan tidak mau tahu akan kehadiran KerajaanNya itu.

Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka. Yesus memberkati mereka, karena Yesus tahu isi hati mereka, langkah laku manusia itu terbentang di hadapanNya, dan tak tersembunyi di hadapanNya (Sir 17). Yesus mengenal kejujuran hati anak-anakNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, dampingilah keluarga kami masing-masing, agar menaruh perhatian selalu kepadaMu; terlebih-lebih anak-anak kami semakin terpikat kepadaMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka'. Yesus amat mengenal hati umatNya.

Kedua, 'barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya'. Kerinduan menyatukan setiap orang dalam kasih Allah.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir