Senin Pekan Prapaskah II, 18 Maret 2019

Dan 9: 4-10 + Mzm 79 + Luk 6: 36-38

 

 

Lectio

Pada suatu hari berkatalah Yesus kepada orang banyak: 'hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'.

 

Meditatio

'Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati'. Yesus meminta kita untuk benar-benar seperti Bapa. Sejauhmana bisa dipenuhi permintaan Yesus, Dia sendiri pasti akan membantu kita.  Yesus malah mengundang kita belajar daripadaNya, yang lembut hati itu. Apakah ini sikap yang menyamakan diri dengan Tuhan? Makna menyamakan diri itu bernada negativ, karena memang kita tidak sama, tetapi mengganggap diri sama dan sederajat dengaNya. Sedangkan Yesus mengajak kita semua mempunyai sifat yang sama dengan Tuhan Bapa di surge. Kita manusia tetap jauh berbeda di bawah Allah, tetapi kita diminta untuk mempunyai sifat dan sikap yang sama dalam berelasi dengan sesame.

'Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi'.  Yesus mengharapkan, agar kita mendahului berbuat bagi kepada sesame, yang semuanya hendaknya dilakukan dengan segenap dan setulus hati. Sebab tak jarang, 'suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'. Inilah hidup bersama. Malah tak jarang pula, susu dibalas tuba.

'Suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'. Ukuran ini tidaklah dikenakan Tuhan kepada kita. Sebab Tuhan tidak memperhitungkan kesalahan dan dosa kita; malah Dia mengundang kita untuk berani berbalik kepadaNya. 'Pada Tuhan, ada belaskasih dan pengampunan' (Dan 9: 9).

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, semangatilah kami untuk bersikap murah hati dalam kebersamaan hidup. Semoga kami juga berani menjadi saluran berkat bagi sesame kami. Amin.

 

 

 

Contemplatio            

Pertama, 'hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati'. Yesus mengajak kita siap sedia berbagi berkat terhadap sesame.

Kedua, 'pada Tuhan, ada belaskasih dan pengampunan'. Tuhan Allah tidak memperhitungkan segala kelemahan kita orang-orang yang mau bertobat.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis

Hari Raya Pentakosta