Senin Prapaskah V, 8 April 2019

Dan 13: 1-9 + Mzm 23 + Yoh 8: 12-20

 

 

Lectio

Pada waktu itu ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. Tetapi sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya." Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit." Kata Marta kepada-Nya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman." Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."

 

Meditatio

Pada waktu itu ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Kenapa Maria tidak mendekat juga kepada Yesus seperti yang pernah dilakukannya ketika Yesus mengunjungi mereka di Betania? Kata Marta kepada Yesus: 'Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati'. Marta mengungkapkan kata-kata duka. 'Tetapi sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya'. Inilah iman Marta kepada Kristus Tuhan. Kata Yesus kepada Marta: 'saudaramu akan bangkit'. Yesus memberikan jaminan. Kata Marta kepada-Nya: 'aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman'. Betul memang dia akan bangkit, tetapi bukankah semuanya akan terjadi pada akhir jaman? Marta percaya akan kebangkitan di akhir jaman.

'Akulah kebangkitan dan hidup', tegas Yesus. 'Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya'. Kebangkitan akan diberikan kepada semua orang yang percaya kepadaNya. Kematian badani memang akan tetap terjadi, tetapi tidak akan berkepanjangan, karena Yesus akan membangkitkannya. Kematian akan berakhir, dan seseorang akan hidup kembali. 'Percayakah engkau akan hal ini?'. Yesus menantang Marta akan tugas perutusan Yesus. Jawab Marta: 'ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia'. Mesias adalah Anak Allah, dan Dialah Penyelamat umat manusia. Inilah yang dipercayai Marta. Kebangkitan bukanlah soal akhir jaman, melainkan soal kepercayaan. Kepercayaan menjadi jaminan seseorang mendapatkan keselamatan hidup kekal, yang diawali dengan kebangkitan.

Kemampuan Elisa menghidupkan anak perempuan Sunem (2Raj 4) terjadi karena dia bermohon dan bermohon. Tidaklah demikian dengan Yesus yang adalah kebangkitan dan hidup.

 

Oratio

Ya Yesus, teguhkanlah iman kepercayaan kami, agar rasa kebangkitan yang telah Engkau taburkan dalam diri kami, semakin hari semakin kami rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Amin.

 

Contemplatio

'Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya'. Kebangkitan akan diberikan kepada semua orang yang percaya kepadaNya.  

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir