Kamis Paskah V, 24 April 2019

Kis 15: 7-21 + Mzm 96 + Yoh 15: 9-11

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.  Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.  Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh'.

 

Meditatio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu'. Yesus mengajak setiap orang, yang dikasihiNya itu, tinggal dan menikmati kasih Allah. Kita diundang dalam relasi Trinitaris. Betapa bahagia tinggal dalam kasih Allah, dan membiarkan kasihNya meraja dalam hidup. Bagaimana caranya? Yakni dengan 'menuruti perintah-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya', tegas Yesus. Mendengarkan sabda dan kehendakNya adalah satu-satu cara tinggal dalam kasih Allah. Inilah saudara dan saudariKu, yakni jika kamu melakukan kehendak Bapa. Tinggal dalam kasih Yesus hanya dengan mendengarkan sabdaNya dan melakukanNya, dan tidak ada yang lain.  

'Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh'. Sukacita dan kegembiraan kita akan disempurnakan oleh sukacita ilahi yang dimiliki oleh Kristus Tuhan. Kristus menghendaki, agar kasih dan sukacitaNya tinggal dalam diri kita. Dan kita memang dapat menikmatinya kalau kita melakukan segala perintahNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, hidup bersamaMu amat menyenangkan, hanya saja kami sering tidak setia dan bahkan ingin lari daripadaMu. Ingatkanlah kami, ya Yesus, bahwa hanya dalam Engkau, kami dapat menikmati hidup ini dengan penuh sukacita. Amin.

 

Contemplatio

'Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010