Minggu Paskah IV, 12 April 2019

Kis13: 43-52 + Mzm 100 + Yoh 10: 27-30

 

 

Lectio

Kata Yesus kepada orang-orang yang mendengarkan suaraNya: 'domba-dombaKu mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu. BapaKu, yang memberikan mereka kepadaKu, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
Aku dan Bapa adalah satu'.

 

Meditatio

'Domba-dombaKu mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku'. Yesus mengumpamakan orang-orang mendengarkan suaraNya dan mengikutiNya sebagai domba-domba, dan Dia Gembalanya.  Domba-dombaNya begitu mengenal suaraNya, karena sang Gembala mengasihi dan memperhatikan kebutuhan mereka. Gembala adalah sang Pemilik dari kawanan domba yang digembalakanNya. Tidak ada gembala yang menyia-nyiakan kawanan domba yang digembalakannya. Kawanan domba adalah harta yang dimiliki oleh seorang gembala, bahkan kawanan yang dimilikinya itu adalah hidupnya sendiri.

'Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu'.  Rasa memiliki Yesus terhadap domba-dombaNya sungguh besar. Yesus menjaga hidup kawanan dombaNya. Dia berjanji mendampingi dan melindunginya. Malahan Yesus memberikan hidup kekal kepada kawanan dombaNya. Yesus menjanjikan tiga hal.  Pertama, hidup kekal, kehidupan baru setelah kematian. Kebangkitan jiwa raga mengawali hidup baru bersama Allah. Dia tidak lagi terikat oleh ruang dan waktu. Kedua, seseorang tidak mengalami kebinasaan, kematian bukanlah akhir dari segalanya, tetapi awal dari kehidupan baru dalam kemuliaan Allah. Ketiga, tidak ada yang dapat merebut kawanan domba dari tanganNya. Hidup kekal adalah hidup selalu bersama dengan Dia. Yesus sebagai Gembala menjaga dan memelihara domba-dombaNya.

'BapaKu, yang memberikan mereka kepadaKu, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu'. Kalau dari tangan Yesus saja, tidak ada mampu merebutnya, apalagi dari tangan Bapa. Yang dikerjakan Anak sama yang dilakukan Bapa, sebab Aku dan Bapa adalah satu. Yesus adalah Allah yang menjadi manusia dan tinggal di tengah-tengah umatNya.

Sebagai Gembala Yesus 'akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan' (Why 7:17). Dia diutus untuk menyegarkan dan menyelamatkan manusia. Dengan ungkapan lain, Allah menegaskan 'Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi. Mereka akan memuliakan firman Tuhan, dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya' (Kis 13).

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau adalah Gembala yang baik. Kiranya lewat teladanMu, kami yang telah Kau panggil dan Kau beri tugas, semakin berani menggembalakan umatMu dengan semangat kasih dan pengorbananMu. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'domba-dombaKu mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku'. Yesus mengenal kita satu per satu.

Kedua, 'Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu'.  Allah menghendaki kita semua selamat.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir