Rabu Paskah III, 8 Mei 2019

Kis 8: 1-8 + Mzm 66 + Yoh 6: 35-40

 

 

Lectio

Para murid melanjutkan perbincangan dengan Yesus. Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.  Tetapi Aku telah berkata kepadamu: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya.  Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.  Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.  Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.  Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."


Meditatio

'Akulah Roti Hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi'. Penegasan Yesus benar-benar menyatakan, bahwa diriNyalah menjadi kebutuhan setiap orang yang merindukan keselamatan. Sebagaimana orang memerlukan makanan, agar hidup, demikianlah semua orang memerlukan Yesus Kristus, agar dapat menikmati hidup kekal. Hidup kekal hanya ada dalam Tuhan kita Yesus Kristus.  

'Tetapi Aku telah berkata kepadamu: sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya'. Sangat disayangkan, kalau orang-orang yang tidak mau datang kepadaNya. Bukankah keselamatan hanya pada Dia, yang kepadaNya Bapa berkenan, dan Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya. Tuhan Allah tidak pernah memaksa umatNya, yang mempunyai akal budi dan kehendak bebas, walau Yesus amat menyesalkan kedegilan hati mereka (Mrk 16: 24)

'Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang'. Siapakah yang dimaksudkan itu? Iman adalah usaha pengenalan umat manusia akan Tuhan Allah, tetapi Tuhan Allah juga mempunyai cara tersendiri menarik semua orang yang berkenan kepadaNya. Siapakah mereka? Seluruh umat manusia adalah orang-orang yang berkenan kepadaNya. Bukankah Dia menciptakan manusia sesuai dengan kehendakNya? Bukankah Dia datang bukan hnya untuk mencari orang benar, melainkan juga mereka yang bersalah dan berdosa? Semua orang berkenan kepadaNya.

Dan 'inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman'. Allah menghendaki semua beroleh keselamatan, dan menikmati kebangkitan di akhir jaman. Semua orang diselamatkan, tentunya terlebih mereka 'yang percaya kepada-Nya'. Saudara dan saudariKu adalah mereka yang melakukan kehendak Bapa yang mengutus Aku.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur karena kasihMu yang begitu besar. Engkau tidak menghendaki satupun dari kami jauh dan menghilang daripadaMu. Bantulah kami, agar semakin menyadari, terlebih melewati Ekaristi yang kami rayakan. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang'. Dia sungguh penuh belaskasih.

Kedua, 'inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman'. Allah menghendaki semua orang beroleh selamat.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir