Sabtu Paskah V, 25 Mei 2019

Kis 16: 1-10 + Mzm 100 + Yoh 15: 18-21

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.  Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku'.

 

Meditatio

'Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu', tegas Yesus. Yesus telah mendahului mengasihi kita. Dia pun telah terlebih dahulu ditolak dan dibenci oleh dunia. Mengapa? Sebab dunia adalah mereka yang tidak menghendaki keselamatan.  'Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya, tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu', lanjut Yesus. Mengikuti Yesus itu membebaskan diri dunia. Membiarkan diri dipilih oleh Yesus memberikan sukacita, tetapi sekaligus mendapatkan perlawanan dari dunia itu sendiri. Keselamatan adalah sebuah pilihan.

'Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya'. Sebuah rumusan umum. Segala yang dialami Yesus akan dialami juga oleh setiap orang yang percaya kepadaNya. 'Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu'. Kendati demikian, para muridNya diminta untuk berani menerima segala yang tidak mengenakkan, karena 'semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku'.

Kalau pun sekarang kita masih harus hidup bersama dunia, Yesus tidak membiarkan kita seorang diri. 'Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat' (Yoh 17: 15). Yesus melindungi dan tetap mengasihi kita, orang-orang yang dipilihNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau selalu melindungi kami dalam menikmati hidup di dunia ini. Teguhkanlah diri kami agar tidak mudah tenggelam dalam kenyataan dunia yang memang lebih menarik. Yesus, teguhkanlah iman kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya, tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu'. Resiko orang yang percaya kepada Kristus Tuhan.

Kedua, 'jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu'. Segala yang dialami Yesus akan dialami juga oleh setiap orang yang percaya kepadaNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir