Sabtu Paskah VI, 1 Juni 2019

Kis 18: 23-28 + Mzm 47 + Yoh 16: 23b-28

 

 

Lectio

Yesus bersabda: 'pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepadaKu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam namaKu. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.  Pada hari itu kamu akan berdoa dalam namaKu. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'.

 

Meditatio

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu'.  Yesus menekankan adanya suatu hubungan khusus antara Yesus dan Bapa. Jalan baru kepada Allah terbuka setiap orang melalui diri Yesus Kristus. Di dalam namaNyalah kita meminta dan menerima. 'Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam namaKu. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu'. Entah kenapa para murid pada waktu itu belum menyampaikan aneka permohonan. Tentunya yang lebih penting dari meminta dan meminta adalah 'jadilah menurut kehendakMu'.

'Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan'.  Apakah yang dimaksud Yesus dengan kiasan? Apakah selama ini pengajaran yang diberikanNya hanya kiasan melulu? Banyak kali Yesus memang berkata-kata dalam perumpamaan. Namun di hari-hari terakhir mendekati hari-H, Yesus sering berkata-kata secara terus terang. Aku datang dari Allah, dan Dia naik ke surga, karena memang Dialah yang telah turun dari surga (Yoh 3: 13).

'Pada hari itu kamu akan berdoa dalam namaKu. Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa'. Mengapa Yesus mengatakan seperti itu, bahwa Dialah yang memintakan semua dari Bapa. 'Sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah'. Yesus yakin akan kepercayaan yang dimiliki para muridNya. 'Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'. Aku berasal dari Atas, dan akan kembali ke Atas.

'Pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepadaKu'. Yesus percaya kepada para muridNya, kepada orang-orang yang dikasihiNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, teguhkan iman kami kepadaMu, agar semakin berani memohon dan berharap kepadaMu. Sebab hanya dalam namaMu kami beroleh keselamatan dan menikmati kemuliaan bersamaMu. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu'. Kepuasan sejati hanya berasal dari Bapa di surge.

Kedua, 'Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah'. Yesus yakin akan kepercayaan yang dimiliki para muridNya. Tentunya kepada kita semua.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta