Selasa Paskah VI, 28 Mei 2019

Kis 16: 22-34 + Mzm 138 + Yoh 16: 5-11

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum'.

 

Meditatio

'Sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita'. Ditinggal memang pengalaman pahit. Itulah yang dirasakan para murid. 'Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu'. Yesus akan hadir kembali dalam RohNya yang kudus. Dia tidak mau mengikatkan diri lagi dalam ruang dan waktu. Situasi yang membatasi diriNya. Dia akan hadir di mana dan kapan pun, selama umatNya ada.

'Kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman'. Ada tiga hal yang hendak menjadi perhatian RohNya. Pertama, 'akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku'. Ketidakpercayaan akan Allah adalah sebuah dosa. Seseorang tidak akan mendapatkan keselamatan, karena ketidak-mau-tahuan akan Allah. Kedua, 'akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi'. Allah dari Allah, dan Dia dilahirkan dan bukan dijadikan. Dia dating ke tengah-tengah umatNya, agar semua orang beroleh selamat. Ketiga, 'akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum'. Penguasa dunia, yakni mereka yang tidak mau selamat, akan mendapatkan hukuman, yakni kebinasaan itu sendiri. Di luar Allah adalah binasa.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, buatlah telinga hati kami begitu peka akan bisikan RohMu yang kudus, sehingga kami makin hari makin memahami kebenaran yang Engkau sampaikan kepada kami. Amin.

 

Contemplatio

'Kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman'. Semuanya dilakukan, karena memamg Allah tidak menghendaki seorang pun umatNya hilang. Allah masih memberi kesempatan setiap orang untuk bertobat.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010