Senin Paskah V, 20 Mei 2019

Kis 14: 5-18 + Mzm 115 + Yoh 14: 21-26

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus berkata kepada para muridNya: 'barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?" Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu".

 

Meditatio

Pada waktu itu Yesus berkata kepada para muridNya: 'barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya'.  Seseorang, yang mencintai kekasihnya, akan selalu melakukan kemauan sang kekasih. Demikian kalau Yesus adalah Kekasih kita. Bukan Dia yang mendapatkan untung, karena kasih kita, malah sebaliknya kita yang amat beruntung, karena Allah tinggal dalam hidup kita.

Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: 'Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?'. Bukankah Allah menghendaki semua manusia selamat? Apakah pemahaman tentang dunia adalah mereka yang berlawanan dengan keselamatan? Jawab Yesus: 'jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia'. Yesus mengulang kata-kata yang diucapkan sebelumnya. Sebaliknya, 'barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku'. Padahal, 'firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku'. Aku dan Bapa adalah Satu.

'Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu'. Sabda Yesus akan selalu baru dan abadi, karena Allah sendiri hadir dalam RohNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau mewartakan sabdaMu kepada kami, karena Engkau menghendaki kami beroleh selamat. Ajarilah kami untuk mendegarkan sabdaMu dan melakukannya. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia'. Allah sungguh-sungguh tinggal dalam hidup kita, bila kita mengamni sabdaNya.

Kedua, 'Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu'. Sabda Yesus akan selalu baru dan abadi, karena Allah sendiri hadir dalam RohNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010