Sabtu Pekan Biasa X, 15 Juni 2019

Kor 5: 14-21 + Mzm 103 + Mat 5: 33-37

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus bersabda kepada para muridNya: 'kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat'.

 

Meditatio

'Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan'. Itu benar. Hendaknya setiap orang tidak berbohong. 'Tetapi Aku berkata kepadamu: janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak'. Setiap orang harus jujur dan tidak berbohong. Hendaknya seseorang tidak menyusahkan sesamanya. Setiap orang hendaknya berpegang teguh pada segala yang sudah diucapkannya.

'Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat', tegas Yesus. Sebab pada dasarnya, setiap orang ingin selalu beruat baik. Bukankah semua orang tercipta sesuai dengan gambarNya? Kepuasan diri itulah kejahatan manusia.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, semoga kami selalu bersikap jujur dan bertanggunjawab dalam setiap langkah hidup kami. Sebab tak jarang, dalam pergaulan kami diajak untuk selalu berkata-kata benar, sebagaimana yang Engkau kehendaki sendiri. Amin.

 

Contemplatio

'Janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak'. Setiap orang harus jujur dan bertanggungjawab.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir