Kamis Pekan Biasa XV, 18 Juli 2019

Kel 3: 13-20 + Mzm 105 + Mat 11: 28-30

 

 

Lectio

Pada waktu itu berkatalah Yesus: "marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

 

 

Meditatio

Kepada siapakah kita mengeluh, bila terasa capek? Bagaimana dengan pergulatan bathin yang kita alami? Adakah yang dapat membantu kita?

'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu', tegas Yesus. Dia mengundang setiap orang yang capek rohani untuk datang kepadaNya. 'Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan'. Kita diminta belajar daripadaNya. Sebab Dia lemah lembut dan rendah hati. Lagipula, 'kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan', tegas Yesus. Beban Kristus mana yang ringan? Perintah Yesus manakah yang mudah kita laksanakan? Adakah membaca kitab suci menjadi kegemaran kita, karena perintahNya menyenangkan hati?

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami sering capek dan lelah, bila menghadapi aneka persoalan hidup. Ajarilah kami, agar kami langsung berani datang kepadaMu, minta pertolongan daripadaMu. Sebab hanya padaMulah, kami harus belajar tentang kehidupan ini. sebab Engkau sang Empunya kehidupan. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu'. Yesus memanggil, baiklah kalau kita menanggapiNya.

Kedua, 'pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan'. Yesus sungguh menjanjikan yang indah kepada kita.

Ketiga, 'kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'. SabdaNya memberi kehidupan dan keselamatan.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir