Pesta Maria Magdalena, 22 Juli 2019

Kid 3: 1-4 + Mzm 63 + Yoh 20: 11-18

 

 

Lectio

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Dia berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan." Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya." Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!", artinya Guru. Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

 

 Meditatio

Siapakah Maria Magdalena itu?

Pertama, seorang perempuan yang pagi-pagi benar ketika hari masih gelap pergi ke kubur Yesus. Aku mencari dan mencarinya, karena Dialah Jantung hatiku (Kid 3).

Kedua, seorang perempuan yang tidak menaruh perhatian terhadap dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring, walau mereka menyapanya: 'ibu, mengapa engkau menangis?'.

Demikian juga waktu Yesus menyapanya dengan pertanyaan yang sama; malah dengan menjawabNya: 'tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya'.

Ketiga, seseorang yang mendapat panggilan namanya 'Maria!' dengan nada tinggi, baru sadar akan Dia yang memanggilnya. Maria pun langsung menjawabnya 'Guru'. Panggilan nama mengalirkan seseorang kepada sang Empunya kehidupan.

Keempat, seseorang yang berkata-kata: 'aku telah melihat Tuhan!' kepada murid Yesus. Bukan mereka yang melihat Yesus untuk pertama kalinya, melainkan Maria Magdalena.

 

 Oratio

Ya Yesus Kristus, Maria Magdalena adalah seorang yang terbenam dalam kasihMu. Dia selalu mencari dan mencariMu. Semoga hidup kami pun selalu terarah kepadaMu. Amin.

 

Contemplatio

Pagi-pagi benar ketika hari masih gelap pergi Maria Magdalena ke kubur Yesus. Aku mencari dan mencarinya, karena Dialah Jantung hatiku.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta