Rabu Pekan Biasa XIV,10 Juli 2019

Kej 41: 55-57 + Mzm 33 + Mat 10: 1-7

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat".

 

Meditatio

Suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Yesus mengutus para murid, dan memberi mereka bekal. Yesus tidak hanya mengutus dan mengutus, tetapi juga membekali mereka dengan aneka kuasa, walau mereka diutus bagaikan seekor anak domba ke tengah-tengah kawanan serigala.

Inilah nama kedua belas rasul itu: Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Sang Penginjil telah memberi catatan kepada mereka, khususnya Yudas Iskariot. Pilihan Yesus tidak berhenti pada orang-orang yang baik dan suci. Pilihan Yesus terbuka ada setiap orang. Kualitas mereka berbeda satu sama lain. Namun Yesus mengakui dan menerima keberadaan mereka. Yesus memilih dan mengasihi mereka.

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: 'janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel'. Sang Penginjil amat menekankan kemanusiaan Yesus. Apakah Israel mengandaikan keterpilihan bangsa besar? Bagaimana kita memahami pelarangan kepada bangsa-bangsa lain, khususnya orang-orang Israel, tidak bertentangan dengan kodrat ilahi yang menyatu dalam diriNya?

'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'. Dia sang Empunya Kerajaan sudah datang ke tengah-tengah umatNya, tetapi masih dirasakan dalam proses mendekat, karena setiap orang belum mampu menerima kehadiranNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau menetapkan para rasul sebagai orang-orang terpilih, walau keterbatasan dan kelemahan mereka miliki. Engkau mengasihi dan memilih mereka. Engkau memilih kami yang lemah dan berdosa ini. Semoga kami mampu menikmati keterpilihan kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, inilah nama kedua belas rasul itu: Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Mereka bukan semua orang sempurna.

Kedua, 'pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'. Sang Empunya kehidupan belum diterima semua orang yang hidup.

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010