Rabu Pekan Biasa XV, 17 Juli 2019

Kel 3: 1-6 + Mzm 103 + Mat 11: 25-27

 

 

Lectio

Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

 

Meditatio

'Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil'. Apakah Yesus membedakan satu orang dengan lainnya? Yesus membedakan memang, tetapi semua orang tetap mendapatkan kasihNya. Mereka yang mengandalkan diri, sebagaimana diwakili oeh kaum bijak dan pandai, tidak mampu menikmati segala yang indah dan baik dari Allah. Bukankah iman kepercayaan menjadikan segala sesuatu bisa terjadi? Itulah memang yang dikehendaki Bapa. 'Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu'.

'Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya'. Seseorang dapat semakin mengenal Bapa dan Putera, bila memang Allah menghendaki. Mereka yang mengandalkan diri tentunya kurang berkenan kepadaNya. Musa yang merasa tak berdaya akhirnya mampu memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir (Kel 3) hanya karena pendalan diri pada kehendak dan kemauan Tuhan Allah yang mengutusnya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami selalu merundukkan diri di hadapanMu, sebab hanya keterarahan pada diriMulah kami akan mendapatkan banyak yang indah dan baik adanya. Yesus, ajarilah kami semakin hari semakin rendah hati dalam pergaulan dengan sesama. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil'. Yesus mengutamakan mereka yang mengasihiNya.

Kedua, 'semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya'. Mereka yang merunduk di hadapanNya yang kiranya berkenan kepadaNya. 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta