Sabtu Pekan Biasa XVI, 27 Juli 2019

Kel 24: 3-8 + Mzm 50 + Mat 13: 24-30

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya. Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu? Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu. Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

 

 Meditatio

Perumpamaan hari ini bercerita tentang kehidupan.

Semua manusia tercipta sesuai dengan gambarNya. Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Inilah kejahatan masuk dalam dunia manusia; malah ke dalam diri manusia itu sendiri.

Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku. Hidup ini majemuk. Tuhan Allah pun sepertinya membiarkan semuanya berjalan sebagaimana adanya. Beriman kepadaNya pun tidak membebaskan seseorang dari segala kelemahan alam semesta dan isinya. Namun akhir dari perjalanan hidup digambarkan jelas dengan pemisahan gandum dan ilalang, kawanan domba dan kambing, di sebelah kanan dan kiri.

Tuhan Yesus, yang sepertinya membiarkan segala-galanya tumbuh adanya, membekali setiap orang yang dikasihiNya dengan berkatNya. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari yang jahat. (Yoh 17). 

 

 Oratio

Ya Yesus Kristus, berilah kami kemampuan agar dari hari ke hari belajar menjadi lebih baik dan setia dalam menekuni sabdaMu. Amin

 

Contemplatio

'Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku'. Aku datang membawa pedang, sebab hendak membedakan satu dengan lainnya.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir