Selasa Pekan Biasa XV, 16 Juli 2019

Kel 2: 1-5 + Mzm 69 + Mat 11: 20-24

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

 

Meditatio

Yesus mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya. Bukankah aneka mukjizat dimaksudkan, agar setiap orang semakin percaya kepadaNya? Bukankah mukjizat dimaksudkan juga, agar setiap orang semakin merasakan betapa besar belaskasih Allah kepada umatNya.

'Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Demikian juga engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini'. Pertobatan mendatangkan keselamatan. Pertobatan tidak menjadi pilihan banyak orang, karena memang mengandaikan adanya matiraga dan pengendalian diri.

'Aku berkata kepadamu: pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom, Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu'. Penegasan Yesus mengajak setiap orang untuk berani bertobat dan bertobat. Juga bukan dengan berseru Tuhan Tuhan, tetapi tidak melakukan kehendak sang Empunya kehidupan.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami ini sering mencari senangnya sendiri.kami merasakan gembira bila menerima aneka berkat daripadaMu, tetapi kami begitu bermalas-malasan, bila Engkau minta mengendalikan diri dan bermatiraga.

Santa Maria Bunda Karmel, doakanlah kami agar kami kedapatan setia dalam melakukan kehendak Puteramu yang menyelamatkan itu. Amin.

 

Contemplatio

Yesus mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya. Bukankah aneka mukjizat dimaksudkan, agar setiap orang semakin percaya kepadaNya?

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir