Jumat Pekan Biasa XVIII, 9 Agustus 2019

Ul 4: 32-40 + Mzm 77 + Mat 16: 24-28

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

 

 Meditatio

Menyambung kemauan baik Simon Petrus yang ingin menyelamatkan sang Guru, Yesus menegaskan: 'setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku'. Sebuah kesimpulan yang diberikan Yesus kepada semua orang yang percaya kepadaNya. 'Barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?'. Keselamatan hanya datang dari Tuhan. Hidup kita manusia tidak kuasa menjadi jaminan mendapatkan keselamatan.

Keselamatan adalah hak prerogative Allah, tetapi Allah tetap memperhitungkan kebaikan hati setiap orang. 'Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya'. Sebab bukankah Yesus sendiri meminta agar kita umatNya melakukan segala kehendakNya dalam aneka kegiatan kita?

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya'. Siapakah yang dimaksudkanNya? Kiranya dialah yang sekarang membaca renungan kita ini. Barangsiapa bertahan sampai akhir, akan beroleh keselamatan.

  

 Oratio

Ya Yesus Kristus, bantulah kami dengan kekuatanMu agar kami siap sedia memanggul salib kehidupan kami, sehingga kami mampu bertahan sampai akhir. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku'. Sebuah kesimpulan yang diberikan Yesus kepada semua orang yang percaya kepadaNya.

Kedua, 'Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya'. Yesus meminta agar kita umatNya melakukan segala kehendakNya dalam aneka kegiatan kita.

Ketiga, 'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya'. Kitalah itu. Mari kita setia selalu.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta