Jumat Pekan Biasa XX, 23 Agustus 2019

Rut 1: 1-22 + Mzm 146 + Mat 22: 34-40

 

 

Lectio

Suatu hari ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

 

 Meditatio

Mengapa hokum mengasihi Tuhan dan sesame menjadi hokum utama?

Pertama, sebab apalah arti kurban dan hokum lain, kalau kita tidak menaruh perhatian terhadap Tuhan dan sesame. Bukankah sesame juga menjadi kehadiran Tuhan sendiri? Apa yang kamu lakukan untuk saudaraKu yang paling hina ini, engkau telah melakukan untuk Aku. Bukankah juga tubuh kita, dan sesame kita, adalah bait Allah yang kudus?

Kedua, bukankah kita manusia diciptakan Tuhan sesuai dengan gambarNya?

Ketiga, kita diminta saling mengasihi, karena memang Tuhan Allah telah terlebih dahulu mengasihi kita.

Keempat, karena keselamatan hanya terletak dalam tangan kasih Tuhan.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, mengasihi Engkau yang selalu hadir dalam diri sesame menamng menjadi inti iman kepercayaan kami. Bantulah kami, agar kami mampu menemukan Engkau yang hadir dalam diri sesame kami, terlebih kami selalu melakukan sabdaMu yang Engkau sampaikan sendiri kepada kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu'. Sebab hanya dalam Tuhan Allah ada keselamatan.

Kedua,  'kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri'. Karena Allah hadir dalam diri sesame kita.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir