Kamis Pekan Biasa XVII, 1 Agustus 2019

Kel 40: 16-19 + Mzm 84 + Mat 13: 47-53

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus bersabda: 'hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. Mengertikah kamu semuanya itu?" Mereka menjawab: "Ya, kami mengerti." Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya." Setelah Yesus selesai menceriterakan perumpamaan-perumpamaan itu, Ia pun pergi dari situ.

 

 Meditatio

Kelak di akhir jaman akan ada pemisahan, bahwasannya 'malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api', sebagaimana telah diawali oleh Yesus sendiri yang membawa pedang bagi orang-orang yang dikasihiNya. 'Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang'.  

'Mengertikah kamu semuanya itu?'. Pertanyaan Yesus ini memuji bahagia para muridNya yang mengerti dan memahami segala yang disampaikanNya. Semuanya dapat dimengerti mereka, karena keberundukkan diri di hadapan Tuhan. Mereka bukan orang-orang cerdik pandai. Sebaliknya bagi 'setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya'. Sebab pengajaran Yesus telah disampaikan juga oleh para nabi jauh-jauh sebelumnya, dan tersurat semuanya dalam kitab para nabi dan Taurat.

 

 Oratio

Ya Yesus Kristus, kami ini kecil dan bukan siapa-siapa di hadapanMu, berkat kasihMu kami Kau mampukan untuk dapat memahami sabda dan kehendakMu. Sebab itulah yang Engkau kehendaki dari kami. Amin

 

Contemplatio

'Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api'. Inilah yang terjadi kelak. Kiranya kita termasuk orang-orang benar.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir