Kamis Pekan Biasa XVIII, 8 Agustus 2019

Bil 20: 1-13 + Mzm 95 + Mat 16: 13-23

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapa pun bahwa Ia Mesias. Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau." Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

 

 Meditatio

Iman kepercayaan adalah pengakuan kepada Tuhan Yesus, yang harus benar-benar keluar dari kedalaman hati, dan bukan karena kata banyak orang.

'Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!'. Kata-kata Petrus yang mengungkapkan imannya. Dia tidak ikut-ikutan apa kata orang. Yesus membenarkan siapa diriNya, sebab iman Petrus adalah anugerah Bapa di surga. 'Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga'.

'Aku pun berkata kepadamu: engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga'. Suatu kepercayaan dan tanggungjawab yang diberikan oleh Yesus kepada Petrus dan semua orang yang menggantikannya. Semua diberikanNya, walau Dia tetap menyertai umatNya sampai akhir jaman.

Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapa pun bahwa Ia Mesias. Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: 'Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau'. Kemauan baik seorang Petrus, yang merasa memiliki sang Guru kebanggaannya dan yang dipercayainya. Namun Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: 'enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia'. Teguran keras mengingatkan, agar kemauan Allah dinomersatukan, dan bukannya kemauan diri. Sekaligus Yesus mengingatkan, bahwa percaya kepadaNya berarti mengikuti segala kemauan dan kehendak sang Penyelamat, Mesias.

 

 Oratio

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur atas anugerahMu, bahwa kami boleh mempunyai Engkau yang adalah Anak Allah yang hidup, penyelamat kami. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!'. Inilah iman yang hidup.

Kedua, 'berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga'. Iman adalah anugerah Tuhan.

Ketiga, 'Aku pun berkata kepadamu: engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga'. Suatu kepercayaan dan tanggungjawab yang diberikan oleh Yesus kepada Petrus dan semua orang yang menggantikannya.

Keempat, 'enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia'. Kita juga sering bersikap seperti itu.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir