Minggu Pekan Biasa XIX, 11 Agustus 2019

Keb 18: 6-9 + Ibr 11 + Luk 12: 35-40

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan."

 

 Meditatio

'Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala'. Permintaan Yessus kepada para murid, agar selalu berjaga dan siap sedia. Orang yang berjaga tidak kuatir menghadapi segala sesuatu. Dia tidak mau rumahnya dibongkar oleh pencuri.

'Hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka'. Suatu berkat yang amat indah: kesetiaan mendatangkan kasih yang berkelimpahan, sebab sang tuan yang ditunggu malah melayani mereka. Tuhan Yesus akan melayani kita umatNya kalua kita selalu berjaga dan berkomunikasi denganNya.  

Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan."

  

 Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau mengajak kami untuk selalu berjaga dan berkomunikasi denganMu. Semoga kami semakin yakin, bahwa kami akan mendapatkan pelayananMu, bila kami selalu berjaga dan berkomunikasi, sebagaimana Engkau kehendaki. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala'. Orang yang berjaga akan mengalami kenyamanan hidup.

Kedua, 'berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka'. Betapa bahagianya dilayani oleh Tuhan Allah sendiri.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir