Pekan Biasa XIX
14 Agustus 2019
Ul 34: 1-12 + Mzm 66 + Mat 18: 15-20

Lectio
Suatu hari Yesus menegaskan: 'apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka'.

​Meditatio
Menegur dan mengingatkan orang lain adalah suatu kewajiban. Sebaliknya kalau seseorang mendiamkan diri saudaranya tenggelam dalam dosa dan kesalahan,
akan mendapatkan hukuman dari Allah sendiri. Mengingatkan orang untuk tidak tenggelam dalam dosa tidaklah sama dengan mencari-cari kesalahan sesama.
'Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai'.​ ​Hanya orang yang tidak mengenal Allah sepertinya yang tidak mau diajak kembali hidup baik dan beroleh keselamatan. Bagi yang ​terbiasa​ jatuh dalam dosa, kita benar-benar diingatkan agar mau mendengarkan ajakan pertobatan dari sesama.​ 'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga'.​ ​Sapaan mereka benar-benar mempunyai kekuatan ilahi.
'Aku berkata kepadamu: jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka'.​ ​Tentunya kita dapat memberi komentar, bahwasannya Tuhan Bapa di surga begitu lamban dalam menjawab permohonan umatNya. Namun Allah yang tidak menghendaki umatNya binasa akan selalu memperhatikan kita.

Oratio
Ya Yesus Kristus, semoga kamipun sanggup menjadi saluran rahmat bagi sesama, dengan berani mengampuni terlebih dahulu. Amin


Contemplatio
Pertama, ​'apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata'. Kita diajak menjadi saluran rahmat pengampunan.
Kedua, ​' jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga'. ​Allah tidak menghendaki umatNya binasa.


Oremus Inter Nos, mari kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta