Pesta santo Bartolomeus, 24 Agustus 2019

Why 21: 9-14 + Mzm 145 + Yoh 1: 45-51

 

 

Lectio

Suatu hari Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."

 

 Meditatio

Hanya kepada para ahli kitab, kita percaya bahwa Natanael adalah Bartolomeus. Mereka telah meneliti dan meneliti teks-teks yang ada. Sejarah membuktikannya.

'Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!'. Yesus dapat berkata-kata seperti ini, karena memang Dia mengenal isi hati setiap orang.

Sebaliknya, pengenalan Natanael akan Yesus: 'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel', benar-benar mendatangkan rahmat dan berkat. 'Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu'. Iman mendatanga rahmat dan berkat. Itu pula yang dialami oleh perempuan Kanaan dan perempuan Siro-Fenesia, kepala rumah ibadat dan seorang Samaria yang baru disembuhkan dari penyakit kusta. Pesta santo Bartolomeus mengajak kita semkin percaya kepadaNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, teguhkanlah iman kepercayaan kami. Kiranya iman menjadi bekal perjalanan hidup kami, terlebih di saat menghadapi aneka persoalan sulit dalam hidup kami. Teguhkanlah kami menjabarkan iman kepercayaan dalam hidup sehari-hari. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!'. Yesus mengenal isi hati setiap orang.

Kedua, 'engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu'. Iman kepercayaan mendatangkan berkat dan rahmatNya.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir