Selasa Pekan Biasa XX, Senin 19 Agustus 2019

Hak 2: 11-19 + Mzm 106 + Mat 19: 16-22



Lectio

Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah." Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?" Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Meditatio

'Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?'.   Itulah pertanyaan seseorang yang banyak hartanya. Tentunya kita tidak akan bertanya seperti itu. Bukankah kita akan menikmati kemuliaanNya seturut uturannya? Yesus telah menjamin kita menikmati kemuliaanNya asal kita setia mentaati perintah-perintahNya, yakni: 'jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri'.

Namun sepertinya bukan hal baru yang dikatakan Yesus, sebab 'semuanya itu telah diturutinya'. Yesus yang tahu isi hati umatNya akhirnya berkata: 'jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku'.

Orang muda itu akhirnya juga membatalkan keinginannya  masuk Kerajaan Surga, karena enggan kehilangan harta bendanya. Dia ingin hidup baik dan bahkan ingin beroleh keselamatan, tetapi tidak ingin kehilangan harta bendanya. Karena harta benda dia dapat berbuat bagi kepada sesama.


Oratio

Ya Yesus Tuhan, kami ini ingin memperoleh keselamatan, tapi kami begitu pelit terhadapMu. Kami sulit memberikan segala yang Engkau minta dari kami. Ajari kami, ya Yesus, untuk selalu berani memberi dan memberi sebagaimana permintaanMu. Amin.


Contemplatio

Pertama, 'jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku'.

Kedua, 'jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri'.






Oremus Inter Nos
Marilah kita saling mendoakan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir