Senin Pekan Biasa XXI, 26 Agustus 2019


1Tes 1: 2-10 + Mzm 149 + Mat 25: 13-22

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus bersabda: 'celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri. Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat. Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu? Bersumpah demi mezbah, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi persembahan yang ada di atasnya, sumpah itu mengikat. Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu? Karena itu barangsiapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya. Dan barangsiapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam di situ. Dan barangsiapa bersumpah demi sorga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya'.

 

 Meditatio

Yesus banyak mengecam kaum Farisi dan ahli-ahli Taurat, kaum munafik.

Pertama, karena merintangi orang-orang yang berkeinginan masuk, padahal mereka sendiri tak mau dan tak mampu masuk.

Kedua, mereka menelan rumah janda-janda mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang.

Ketiga, menjadikan orang lain masuk neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.

Keempat, mengijinkan orang bersumpah hanya karena adanya persembahan dan segala yang menguntungkan mereka. 

Yesus mengecam habis mereka semua, karena mencari kepuasan diri. Mereka tidak menggunakan kepandaian dan kedudukan sosial sebagaimana adanya. Kepandaian dan kedudukan sosial digunakan mereka mencari kepuasan diri.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami sering bertindak munafik dalam pergaulan sehari-hari, bahkan mencari kepuasan diri. Teguhkanlah kami dalam menikmati segala yang indah itu dan berani membagikannya kepada sesama kami, seperti Engkau sendiri.

 

Contemplatio

Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan.

 





Oremus Inter Nos, mari kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010