Jumat Pekan Biasa XXIV, 20 September 2019

1Tim 6: 2-12 + Mzm 49 + Luk 8: 1-3

 

 

Lectio

Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

 

Meditatio

          Yesus selalu mewartakan Injil Kerajaan Allah, karena memang untuk itulah Dia diutus. Roh Tuhan ada padaKu. Aku diutus mewartakan Injil Kerajaan, dan untuk itulah Aku datang. Selain keduabelas murid, ada beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Mungkin kita sering mendengar Maria Magdalena. Siapakah Yohana isteri Khuza bendahara Herodes? Susana? Dan disebutkan banyak perempuan lain, siapa mereka itu? Sampai berapa jauh mereka mengikuti?

          Persembahan kaum perempuan ini mengingatkan kita, akan orang muda kaya yang tak mau kehilangan hartanya, walau dia menginginkan keselamatan. Dia mampu berbuat baik kepada sesame, berkat kekayaan yang dimiliki, dan bukan penyerahan dirinya kepada Tuhan. Paulus dalam suratnya kepada Timotius mengingatkan, bahwa 'akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka' (10). Apa yang dilakukan kaum perempuan tadi mengingatkan, agar yang kita terima daripadaNya, mari kita gunakan untuk kepentinganNya yang hadir dalam diri sesame kita.

'Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal'

 

Oratio

  Ya Tuhan Yesus, ajarilah kami untuk selalu berani bersyukur kepadaMu. Engkau telah banyak memberi, semoga kami pun berani berbagi dalam karya pelayanan kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, Roh Tuhan ada padaKu. Aku diutus mewartakan Injil Kerajaan, dan untuk itulah Aku datang.

Kedua, 'akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta