Kamis Pekan Biasa XXV, 26 September 2019

Hag 1: 1-8 + Mzm 149 + Luk 9: 7-9

 

 

Lectio

Suatu hari Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan ia pun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

 

Meditatio

Herodes sepertinya yakin bahwa Seorang Nazaret yang muncul itu bukanlah Yohanes Pembaptis. Herodes sadar dan tahu, bahwa dirinya baru saja membunuh Yohanes. Herodes belum mendapatkan kepastian siapakah yang diperkirakan Elia atau salah seorang nabi yang bangkit. Apakah boleh kita mengatakan bahwa inilah resiko dari kehendak Yesus sendiri yang tidak mampu menyebutkan siapakah diriNya. Yesus malah melarang setiap orang yang disembuhkan untuk mewartakan diriNya. Kegalauan dan kegelisahan bagi setiap orang yang telah jatuh dalam dosa kita mendengarkan sang Empunya kehidupan ini.

 

Oratio

Ya Yesus, kami seringkali gelisah dan bahkan gemetaran ketika mendengarkan sabdaMu yang berkumandang. Semuanya terjadi seperti itu, karena kami telah jatuh dalam dosa. Ampunilah dosa-dosa kami, dan kuduskanlah hati dan budi kami, agar kami mampu mendengarkan sabdaMu. Amin.

 

Contemplatio

Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian? Kita tidak gelisah, karena memang sudah mengenalNya.

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010