Pesta Pengangkatan Salib, 14 September 2019

Bil 21: 4-9 + Mzm 78 + Yoh 3: 13-17

 

 

Lectio

Pada saat itu Yesus menegaskan: 'tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia'.

 

Meditatio

'Sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun (Bil 21: 8-9), demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal'. Sebab Yesus ditinggikan dan dimuliakan, bukannya di gunung Tabor ketika Bersama Musa dan Elia, melainkan ketika Dia bergatung di kayu salib. Peristiwa salib adalah kemuliaan surgawi yang ditampakkan Allah sendiri bagi seluruh umat manusia. Salib adalah tanda kemenangan dan kemuliaan. Sengaja 'Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi' (Fil 2: 9).

Semuanya terjadi, 'karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini'. Semua terjadi, bukan karena jasa dan kebaikan umat manusia. Semuanya terjadi dari pihak Allah. 'Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia'. Inilah misteri keselamatan.

         

Oratio

          Ya Yesus Kristus, begitu besar kasih Allah, sehingga Dia mengutus Engkau, yang semuanya demi keselamatan kami. Ajarilah kami untuk menikmati karya penebusanMu itu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal'. Kurban salib adalah kesengajaan ilahi.

Kedua, 'Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia'. Inilah misteri keselamatan.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir