Rabu Pekan Biasa XXV, 25 September 2019

Ez 9: 5-9 + Mzm + Luk 9: 1-6

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

 

Lectio

Kalau dalam tugas perutusanNya, Yesus hanya mewartakan Injil Kerajaan Allah, tidaklah demikian dengan keduabelas murid. Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang. Tenaga dan kuasa yang dilimpahkanNya sebatas untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. Apakah pandangan ini dipengaruhi oleh Lukas sendiri yang adalah seorang dokter?

Para murid penuh kuasa. Mereka mampu mendapatkan hasil dari karya pelayanan. Namun Yesus mengingatkan, 'jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ'. Pelayanan para murid diminta penuh keberserahan diri dan belaskasih terhadap orang-orang yang dilayaninya. Mereka pergi melayani tanpa adanya pembekalan dan persiapan logistic. Di lain pihak, karya pewartaan mereka haruslah diterima, mengingat kehendak Allah sendiri, agar semua orang beroleh selamat. Maka 'kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka'.

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkau mengutus para murid mewartakan Injil Kerajaan Allah, dan Engkau pun membekali mereka. Kami pun telah Engkau bekali dengan rahmat penebusanMu. Semoga kami pun mau berbagi dengan sesame kami dalam pewartaan sabdaMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, Yesus mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang. Yesus mengundang para murid, dan kita semua, untuk berani berbagi tentang Kerajaan Allah.

Kedua, 'jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ'. Allah akan mmperhatikan mereka melalui orang-orang yang mereka layani.

Ketiga, 'kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka'. Pewartaan sabda Allah haruslah diterima semua orang.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010