Sabtu Pekan Biasa XXV, 28 September 2019

Zak 2: 1-5 + Mzm + Luk 9: 43-45

 

 

Lectio

Suatu hari ketika semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia." Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

 

Meditatio

Yang disampaikan Yesus kemarin, bahwasannya 'Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga', disampaikan sekarang secara sederhana: 'dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia'. Apakah Yesus akan membuat mereka terkejut? Apakah Yesus ingin banyak orang seperti yang dialami kedua murid yang pergi ke Emaus? Kebanggaan kita manusia memang berbeda dengan kehendak Allah, bahwasannya memuliakan Allah itu melalui salibNya yang kudus. Kemuliaan Tuhan yang sering ditampakkan dalam aneka peristiwa yang menakjubkan dan menggetarkan (Zak 2), berkat kehadiranNya kemuliaan ditampakkan hanya dalam salibNya yang kudus. Misteri inkarnasi akan menjadi penuh, bukan ketika Dia cukup menjadi manusia, melainkan juga menyerahkan diriNya ke dalam tangan manusia.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kehadiranMu memang mengatasi akal budi kami. SabdaMu pun melampaui kemauan diri kami. Ajarilah kami dengan terang Roh KudusMu, agar kami semakin memahami kehendakMu yang menyelamatkan itu.

 

Contemplatio

'Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia'. Sempurnalah misteri inkarnasi Allah.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta