Selasa Pekan Biasa XXII, 3 September 2019


1Tes 5: 1-11 + Mzm 27 + Luk 4: 31-37




Lectio

Kalau kemarin Yesus menegaskan tidak ada nabi yang dihormati di daerahnya sendiri, ternyata di Kapernaum pun Dia mendapatkan perkawanan. 'Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah'.  Yang menolak adalah seseorang yang kerasukan setan. Yang menolak Yesus adalah mereka yang kerasukan roh jahat. Kita bukanlah orang-orang yang menolak Yesus, sebab memang kita adalah anak-anak siang, anak-anak terang. Kita dengarkan pengajaranNya, sebab kata-katanga adalah sabda dan kehidupan.

'Diam, keluarlah dari padanya!'.  Tidak ada kuasa yang mau mengalahkan sang Empunya kehidupan. Hanya Tuhan Allah sang Empunya kehidupan ini. Dialah sang Pencipta. Dia selalu memperhatikan umatNya, walau tidak pernah memanjakannya.

'Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar'. Ungkapan orang-orang yang menikmati rahmat dan berkatNya. Dia selalu memberi yang terindah pada saatnya. 


Oratio

Tuhan Yesus Kristus, kami bukanlah orang-orang yang menolak Engkau, tapi jujur kami kurang semangat mencari dan mencari Engkau. Ajarilah kami untuk selalu merindukan Engkau dalam setiap langkah hidup kami. Amin.


Contemplatio

Pertama, 'hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah'. Hanya orang-orang kegelapan yang selalu menolak dan melawan Yesus.

Kedua,  'alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar'. Ucapan syukur atas segala berkat dan kasih Allah.





Oremus Inter Nos
Marilah kita saling mendoakan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Pesta Santo Stefanus Martir