Senin Pekan Biasa XXV, 23 September 2019

Ez 1: 1-6 + Mzm 126 + Luk 8: 16-18

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus berkata: "tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan. Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

 

Meditatio

Kehendak Tuhan adalah semua orang beroleh selamat. 'Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman' (Yoh 6: 39). Maka segala rencana dan program keselamatan pasti akan dinyatakan kepada semua orang. 'Tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan'. Tuhan akan menyampaikannya kepada semua orang, terlebih mereka yang bukan orang bijak dan pandai, yang selalu mengadalkan dirinya, melainkan kepada mereka yang melakukan kehendak Bapa di surge.

'Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar'. Sebab hanya orang yang mendengarkan sabda Allah akan mengerti program dan rencana keselamatan Allah. Setiap orang harus berani mendengarkan, terlebih mendengar dengan hati. 'Siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya'. Kelimpahan hidupa akan semakin dinikmati oleh orang yang mau mendengarkan dan mengamini sabda dan kehendak Tuhan.

Orang yang merasakan berkat dan kasih Tuhan pasti akan dengan rela memberikan yang terbaik dalam pembangunan umat Allah, sebagaimana dicertiakan Ezra (1: 1-6) terlebih cara mendengar sabda Tuhan dengan sepenuh hati.

 

Oratio

          Ya Tuhan Yesus, Engkau akan menyampaikan sabda dan kehendakMu kepada semua orang, terlebih memang yang menaruh hati kepada sabdaMu. Semoga segala yang baik, yang boleh kami nikmati ini menjadi bekal bagi untuk mendengar dan melaksanakan program dan rencana kehendakMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan'. Tuhan akan menyampaikannya segala rencana dan kehendakNya.

Kedua, 'perhatikanlah cara kamu mendengar'. Hendaknya kita mendengarkan segala sesuatu dengan telinga hati.

Ketiga, 'siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya'. Kelimpahan hidup akan semakin dinikmati oleh orang-orang yang mau mendengarkan sabdaNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010