Jumat Pekan Biasa XXVI, 4 Oktober 2019


Bar 1: 15-22 + Mzm 79 + Luk 10: 13-16

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus bersabda: 'celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."

 

Meditatio

Yesus mengcam keras orang-orang Khorazim, Betsaida, dan bahkan Kapernaum yang telah mendapat banyak rejeki dan anugerahNya, tetapi tidak malahan mendekatkan diri pada Tuhan. Ketidakmauan mereka bertobat, 'waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu'.  Hujan apa yang akan diturunkan kepada mereka. Ketidakmauan seseorang bertobat mendatangkan celaka.

Demikian juga, bagi mereka yang tidak mau mendengarkan sabda yang diwartakan, para murid diminta mengebaskan debu yang ada di kaki mereka. Sebab 'barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku'.penolakan terhadap sesama tidak ubahnya penolakan terhadap Tuhan Allah sendiri.

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, ajarilah kami bersyukur dan terima kepadaMu, sebab memang Engkau telah banyak memberi kepada kami. Hati kami ini tumpul. Ampunilah dosa dan kesalahan kami.

Santo Fransiskus, doakanlah kami. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu'.  Hukuman berat bagi orang-orang yang tidak mau bertobat.

Kedua, 'barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku'. Penolakan terhadap sesamanya tak ubahnya penolakan terhadap Tuhan Allah sendiri.

 






Oremus Inter Nos, mari kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010