Selasa Pekan Biasa XXIX, 22 Oktober 2019


Rom 5: 17-21 + Mzm 40 + Luk 12: 35-38



Lectio

Suatu hari berkatalah Yesus: 'hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka'.


Meditatio

Yesus mengingatkan para muridNya agar selalu berjaga dan berjaga. Orang yang selalu berjaga adalah dia yang mengalami kenyamanan dan keindahan hidup. Dia orang yang sehat wal afiat, karena memang mampu mengendalikan diri terhadap segala makanan dan sekaligus rajin berolah raga. Dia selalu dapat bergaul dengan semua orang, karena keramahan hati dan budinya, lagi mempunyai waca hidup yang luas. Dia hidup dengan penuh sukacita, karena mampu menyeimbangkan kebutuhan rohani dan jasmani, jiwa dan raga dalam keseharian hidupnya. Itulah yang dikatakan Yesus: 'hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu menyala'.

Secara khusus kepada orang-orang yang menaruh perhatian kebutuhan rohaninya, Yesus menambahkan: 'berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka'. Orang benar-benar menikmati yang indah dan mulia. Dia telah menggembirakan sang Empunya kehidupan, maka dia mendapatkan yang amat indah. Dia mendapatkan pelayanan dari Tuhan sendiri. Dia mendapatkan Tuhan sendiri. 'apabila Dia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka'. Ada baiknya kita selalu setia berjaga.


Oratio

Ya Tuhan Yesus, kami bersyukur kepadaMu atas segala yang baik dan indah, yang Engkau berikan kepada kami. Semoga kami selalu bersyukur kepadaMu, dan lebih rajin lagi berjaga menikmati kehadiranMu. Amin.


Contemplatio

Pertama, 'hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu menyala'. Kita diminta selalu berjaga dan siap sedia dalam aneka situasi.

Kedua, 'berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka'. Betapa bahagianya dilayani oleh sang Empunya kehidupan






Oremus Inter Nos, mari kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010