Senin Pekan BiasaXXVIII, 14 Oktober 2019

Rom 1: 1-7 + Mzm 98 + Luk 11: 29-32

 

 

Lectio

Pada waktu itu ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

 

Meditatio

Sabda yang menjanjikan keselamatan dan aneka muknjizat yang diberikan Yesus kepada orang-orang Israel ternyata tidak mampu membuat umat Israel bertobat. Kecaman terhadap Khorazin dan Betzaida, demikian juga Kapernaum dilontarkanNya. Karya penyelamatan Yesus dianggap mereka kurang hebat dibandingkan dengan peristiwa Yunus dan Salomo. Padahal 'yang ada di sini lebih dari pada Yunus'.

Semuanya memang karena kedegilan hati kaum Israel, yang tidak jauh dengan sikap kita yang sering mencari menangnya sendiri. Akhirnya, ketika Yesus menampakkan diri kepada kesebelas orang itu yang sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya (Mrk 16: 14). Kita pun pasti teringat kata -kata Abraham kepada Lazarus, sebagaimana diceritakan Yesus dalam narasiNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami begitu mencari kesenangan diri dan tak mau tahu akan kehadiranMu yang menyelamatkan. Lembutkan hati kami dan ingatkan akan kerinduan diri kami sendiri akan keselamatan hidup kekal. Amin.


Contemplatio

Sungguh, 'yang ada di sini lebih dari pada Yunus', sebab memang Dialah Tuhan Allah yang menjadi manusia.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Hari Raya Pentakosta

Selasa XXX, 26 Oktober 2010