Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, 24 November 2019

2Sam 5: 1-3 + Kol 1: 12-20 + Luk 23: 35-43

 

 

Lectio

Pada waktu Yesus bergantung di salin, pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah." Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya dan berkata: "Jika Engkau adalah raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!" Ada juga tulisan di atas kepala-Nya: "Inilah raja orang Yahudi". Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!" Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama? Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja." Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

 

Meditatio

Hanya satu orang yang memerlukan Yesus. Hanya satu orang yang mengakui Yesus sebagai Raja. Dia bukan bangsa terpilih. Dia adalah seorang penjahat. Dia bukan salah seorang pemimpin bangsa Israel. Dia bukan para prajurit. Dia bukan salah seorang muridNya. 'Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja'. Kata-kata itulah yang keluar dari mulut dan hati seorang yang memerlukan bantuan Yesus.

Datanglah semua tua-tua Israel menghadap raja di Hebron, lalu raja Daud mengadakan perjanjian dengan mereka di Hebron di hadapan TUHAN; kemudian mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel (2Sam 5). Sikap dan tindakan seperti inilah yang seharusnya dilakukan orang-orang Israel, yang mendapatkan jaminan keselamatan sebagai bangsa terpilih. Itu tidak dilakukan oleh orang-orang yang dikasihiNya.

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus'. Inilah karunia dan bekat bagi setiap orang yang percaya dan memerlukan Yesus. Inilah orang-orang yang mengakui Yesus sebagai Raja. Kiranya perjalanan liturgi selama ini mengantar setiap orang untuk semakin percaya akan Kristus Raja Semesta Alam.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Raja kami, bantulah kami dengan kuasaMu untuk selalu berani merundukkan diri di hadapanMu. Ajarilah kami untuk selalu mengamini sabda dan kehendakMu, karena memang kami adalah oranag-orang yang merindukan keselamatan. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja'. Inilah kata-kata orang yang memerlukan bantuan Yesus.

Kedua, 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus'.  Karunia bagi setiap orang yang percaya kepada Kristus Raja.

 






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta