Kamis Pekan Adven II, 12 Desember 2019

Yes 41: 13-20 + Mzm 145 + Mat 11: 11-15

 

 

Lectio

Dalam pengajaranNya, Yesus berkata: 'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan -- jika kamu mau menerimanya -- ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!'.

 

Meditatio

Yesus seperti bernada tinggi mengingatkan orang-orang yang mendengarkanNya, bahwasannya 'siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!'. Sebab hanya dengan mendengarkan, seseorang diperbaharui. Orang yang tidak mau mendengar berarti tidak mamu memperbaharui diri.

Yesus berkata-kata demikian, pertama, karena mereka tidak mau tahu akan kehadiran Yohanes Pembaptis. Padahal ialah Elia yang akan datang itu. Dia membukan jalan, dan meminta semua orang untuk bertobat dan bertobat menyambut kedatanagn sang Anak Manusia. Kedua, ada banyak orang yang mau menangnya sendiri dan tidak mau tahu akan kehadiran sang Ilahi itu sendiri. 'Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya'. Allah sendiri hendak mereka kuasai. Godaan ular dalam peristiwa Adam dan Hawa (Kej 2) seperti kembali mengigit mereka kembali.

Di masa Adven ini, kita juga diingatkan akan kehadiran Kristus yang kedua kalinya. Yesus kembali mengingatkan kita: 'siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!', sebab hanya orang yang mau mendengar, orang yang mau membaharui diri, siap menerima kehadiranNya kembali.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami untuk berani mendengarkan suaraMu yang menyelamatkan itu. Sebab hanya dengan mendengarkan Engkau, kami akan ingat siapakah Engkau yang akan datang kembali itu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya'. Allah sendiri hendak mereka kuasai. Kita seringkali amat rakus.

Kedua, 'siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!', sebab hanya orang yang mau mendengar, mau memperharui diri.

 





Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta