Minggu Masa Adven I, 1 Desember 2019

Yer 2: 1-5 + Rom 13: 11-14 + Mat 24: 37-44

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga'.

 

Meditatio

Pada jaman Nuh orang tidak mau tahu dan tidak bertanya-tanya mengapa nabi satu itu mendirikan perahu di gunung. Mereka sibuk dengan kepentingannya masing-masing, mereka seperti biasanya 'makan dan minum, kawin dan mengawinkan'. Demikian pula pula pada saat kedatangan Anak Manusia. Banyak orang tidak mau tahu akan kunjungan Tuhan yang melawati umatNya. Namun pada saat itu, tegas Yesus, 'kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan'. Akan benar-benar terjadi pemisahan, bagaikan ilalang dan gandum, kambing dan domba, sebagimana pernah disampaikanNya. Mengapa? Mereka terbedakan dan terpisahkan antara yang mengamini sabda Tiuhan dan mereka yang mengabaikannya. Bukankah Dia memang datang membawa pedang?

'Karena itu berjaga-jagalah, siap sedialah, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga'. Hendaknya kita semua menjadi 5 wanita bijak, sebagaimana dikatakan Yesus sendiri. 'Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang! Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang' (Rom 13).

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, semoga kami dengan setia memperhatikan kehendakMu yang menyeamktan. Kami tahu, kami harus mempertangungjawabkan hidup ini. Maka, bantulah kami dengan rahmat kebijakanMu dan rahmat kesetiaan Amin.

 

Contemplatio

'Berjaga-jagalah, siap sedialah, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga'.

 






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta