Pesta Santo Fransiskus Xaverius, 3 Desember 2019

1Kor 9: 16-19 + Mzm 117 + Mrk 16: 12-20

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

 

Meditatio

'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum'.  Kata-kata misioner inilah yang dihayati santo Fransiskus Xaverius. Dia pergi jauh meninggalkan kampung halaman guna mewartakan sabda dan kehendak Tuhan, yang menyelamatkan seluruh umatNya. Fransiskus juga disemangati oleh Paulus, sebagaimana tersurat kepada umat di Korintus, yakni celakalah aku, jika aku tidak mewartakan Injil. Dan inilah upahku, bahwasannya aku mewartakan Injil tanpa upah.

Fransiskus mewartakan Injil, karena dia teringat akan banyak orang yang masih belum bisa membedakan tangan kanan dan kiri. Suatu peribahasa yang menegaskan, bahwasannya belum banyak orang yang bisa memilih yang terbaik, memilih yang terindah dan mendatangkan sukacita.

 

Oratio

Ya Yesus, ajarilah kami untuk selalu mewartakan sabda dan kehendakMu dalam setiap pergaulan kami. Kami memang tak terpanggil menjadi katekis atau guru, tapi kiranya semangat Paulus juga menjadi semangat kami dalam mewartakan InjilMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum'.  Kata-kata misioner.

Kedua, 'celakalah aku, jika aku tidak mewartakan Injil'. Kiranya menjadi semangat kami.

 

 

 






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta