Rabu Pekan Adven II, 11 Desember 2019

Yes 40: 25-31 + Mzm 103 + Mat 11: 28-30

 

 

Lectio

Dalam pengajaranNya, Yesus berkata: 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'.

 

Meditatio

'TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya. Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya' (Yes 40). Yesaya menyatakan siapakah Tuhan Allah itu. Dia Mahakuasa, tetapi penuh belaskasih. Dia, bukannya menjauhkan diri dari kaum terpinggirkan, malah sebaliknya, Dia mendekati dan menyapa mereka.

Yesus Kristus, sang Empunya kehidupan menyatakan secara konkrit siapakah Allah yang mereka kenal selama ini. 'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'. Yesus menyapa dan menyapa setiap orang, terlebih mereka yang merasa betapa beratnya hidup ini.

Orang yang setia datang kepadaNya, akan siap sedia menyambut kedatanganNya kedua kelak. Bukankah dia sudah terbiasa dalam kehadiranNya? Malah, 'orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru' (Yes 40: 31)

Oratio

Ya Yesus kristus, semoga panggilan dan sapaanMu itu kami nikmati dengan penuh syukur. Sebab Engkau memanggil, agar kami senang dan penuh sukacita, terlebih dalam belajar tentang kehidupan ini. Amin.

 

Contemplatio

'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'. 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)