Sabtu Pekan Adven I, 7 Desember 2019

Yes 30: 19-26 + Mzm 147 + Mat 9:35 – 10:1.6-8

 

 

Lectio

Ketika itu Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

Lalu Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Kepada mereka Yesus berpesan: 'pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma'.

 

Meditatio

Sebagaimana Yesus berkeliling mengajar di rumah-rumah ibadat, demikianlah para murid diutusNya mewartakan Injil. 'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'.

Sebagaimana Yesus memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit dan kelemahan, demikian juga para murid dimintaNya. 'Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan'.

Sebagaimana mereka telah memperoleh pewartaan sabdaNya dan juga aneka kuasaNya dengan cuma-cuma, Yesus juga meminta: 'berikanlah pula dengan cuma-cuma'.

 

Oratio

Ya Tuhan Yesus, Engkau selalu memberikan yang terbaik bagi kami. Kami bersyukur kepadaMu selalu. Semoga kami pun semakin berani berbagi sebagaimana Engkau sendiri telah banyak memberi kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'. Kita harus jadi pelaksana sabda.

Kedua, 'sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan'. Kita diutus berkerja dan menjadi saluran berkat bagi sesama.

Ketiga, 'berikanlah pula dengan cuma-cuma'. Kita harus berani berbagi.

 

 






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)