Sabtu Pekan Adven II, 14 Desember 2019

Sir 48: 1-4 + Mzm 80 + Mat 17: 10-13

 

 

Lectio

Dalam pengajaranNya, murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

 

Meditatio

'Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka', tegas Yesus kepada para muridNya, bahwasannya Elia harus datang terlebih dahulu. Sang Elia datang guna mempersiapkan jalan bagi sang al Masih. Inilah yang disadari sungguh oleh Zakharia, sang ayah Elia baru itu, yang dengan tegas mengatakan: 'engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka', (Luk 1: 76-77). Zakharia tahu benar akan hal itu, karena dialah imam agung pada waktu itu. Dia pasti tahu banyak tentang kitab suci. Dialah yang pasti juga menyiapkan anaknya itu sebagai perintis jalan baru.

 'Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka', tambah Yesus yang menegaskan tugas perutusanNya itu.

Kita pasti tidak akan menyengsarakan Anak Manusia yang akan datang kembali. Entah karena tidak adanya kemampuan, ataupun bukan waktunya lagi. Namun akan kah kita terus menaruh perhatian kepadaNya? Adakah masih nanti iman di bumi ini?

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami selalu siap menyambutMu. Sebah hanya orang-orang yang siap sedia menyambutMu akan menerima sukacita ilahi, kemuliaan agung itu. Buatlah kami mulai sekarang ini siap sedia mempersipkan diri. 

Santo Yohanes Salib, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka'. Ketika meniup seruling, kampun tidak menari.

Kedua, 'Anak Manusia akan menderita oleh mereka'. Allah sang Empunya kehidupan sendiri mereka tolak.

 






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)