Selasa Pekan Adven III, 17 Desember 2019

Kej 49: 8-10 + Mzm 72 + Mat 1: 1-17

 

 

Lectio

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

 

Meditatio

Ia dilahirkan, dan bukan dijadikan. Inilah yang tersurat dalam iman kepercayaan kita. Yesus Kristus, Anak Manusia, Dia dilahirkan oleh Maria, istri dari Yusuf. Yusuf sendiri adalah anak dari Yakub, sebagaimana tersurat dalam Injil Matius hari ini. Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Yesus termasuk dalam silsilah keturunan Abraham, Ishak dan Yakub, karena Yusuf.

Matius mencatat:  ada empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. Yesus Kristus tercatat dalam sejarah Abraham, karena Yehuda, dan bukannya Yusuf, anak kesayanganYakub; karena Salomo, anak Daud dari Batsyeba (2Sam 11, 3), mantan istri Uria.

Sejarah mengalir kemana dia suka, walau tak dapat disangkal, sejarah akan berulang.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau hadir dalam sejarah manusia, karena Yusuf yang ambil bagian dalam karya keselamatan. Engkau termasuk dalam sejarah manusia, karena kehendakMu sendiri yang menyejarah di tengah-tengah kami. Ajarilah kami untuk mencintai kenyataan hidup kami. Amin.

 

Contemplatio

Ia dilahirkan, dan bukan dijadikan.

 

 

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)