Senin Masa Adven I, 2 Desember 2019

Yer 2: 1-5 + Mzm 122 + Mat 8: 5-11

 

 

Lectio

Suatu hari ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: "Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita." Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya." Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya." Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel. Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga".

 

Meditatio

Yesus bangga dengan iman kepercayaan seorang perwira Roma. Dia berani memohon dan memohon 'Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita', walau bukan untuk kepentingan keluarga, malah untuk seorang hambanya. Perwira berusaha mencari kesembuhan untuk seorang hambanya. Seorang perwira menunjukkan kerendahan hatinya dengan berkata: aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan.

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel'. Orang-orang yang dikasihiNya seharusnya mempunyai kemampuan iman yang hebat dari orang-orang lainnya. Bukankah mereka banyak menerima? Bukankah Yesus pernah mengecam Kapernaum, Betzaida, dan bahkan Yerusalem sendiri? 'Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga', tegas Yesus. Banyak orang asing, yang malahan akan menikmati belaskasihNya, dibanding orang-orang yang telah dipilihNya.

 Apakah kelak pada kedatanganNya yang kedua kalinya, Anak Manusia, akan banyak disambut oleh orang-orang non-kristiani?

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur kepadaMu atas segala berkatMu. Semoga segala pemberianMu itu membuat kami semakin percaya dan bersyukur kepadaMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel'. Orang-orang yang dikasihiNya seharusnya mempunyai kemampuan iman yang hebat dari orang-orang lainnya.

Kedua, 'banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga'. Banyak orang asing, yang malahan akan menikmati belaskasihNya.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta