Senin Pekan Adven III, 16 Desember 2019

Bil 24: 15-17 + Mzm 25 + Mat 21: 23-27

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus masuk ke Bait Allah, dan ketika Ia mengajar di situ, datanglah imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi kepada-Nya, dan bertanya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?" Jawab Yesus kepada mereka: "Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu dan jikalau kamu memberi jawabnya kepada-Ku, Aku akan mengatakan juga kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?" Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi." Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Dan Yesus pun berkata kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

 

Meditatio

'Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?', pinta Yesus kepada orang-orang yang mendengarkanNya. Yesus hanya mengjungkir balik pikiran mereka, para pemuka jemaat dan tua-tua bangsa Yahudi. Dan sungguh mereka pun mampu berpikir: 'jikalau kita katakan: dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? Tetapi jikalau kita katakan: dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi'. Mereka tahu dengan baik, tetapi tidak mau melakukannya. Semuanya itu terjadi, karena memang mereka hendak mencari menangnya sendiri. Mereka menolak kehadiran yang ilahi.

Yesus sendiri pernah menyatakan: 'Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Dialah Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit'. Penegasan Yesus benar-benar menyatakan siapakah Di aitu. Penyataan Yesus sekaligus menyatakan dari manakah Dia berasal.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, dari sabda dan kehendakMu, kami semakin memahami siapakah Engkau. Engkaulah yang kudus dari Allah. Engkaulah Tuhan. Semoga kepercayaan ini, kami tampakkan dalam segala karya dan perbuatan kami. Kami berjanji akan selalu mengandalkan Engkau sendiri. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya'. Dialah Hakim akhir jaman.

'Dialah Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit'. Dia sang Empunya kehidupan.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta